Tegal Ngabuburit, Cetot Jajanan Tradisional Tetap Eksis Meriahkan Ramadhan 1444 Hijriah

- Kamis, 23 Maret 2023 | 22:52 WIB
Ilustrasi Cetot Jajanan Tradisional (Cahyo Nugroho)
Ilustrasi Cetot Jajanan Tradisional (Cahyo Nugroho)

iNindonesia - Bagi masyarakat Tegal nama Cetot mungkin tak asing ditelinga, meski diakui Jajanan Tradisional ini semakin sulit ditemui sehingga wajar saja saat tradisi Ngabuburit Cetot menjadi Primadona.

Cetot merupakan salah satu nama jenis jajanan Kue Basah Jajanan Tradisional yang hingga kini masih bertahan dan meramaikan Ngabuburit di Ramadhan 1444 Hijriah disetiap sudut termasuk di wilayah Margasari Kabupaten Tegal.

Selain kenyal Jajanan Cetot ini menyerupai agar agar jely dan memiliki bentuk yang lucu dan berwarna warni yang sangat menarik.

Baca Juga: Kelass! Bukan Daihatsu Terios dan Rush, Tapi Toyota Yaris 2023 Tampil Total dengan Wajah Baru!

Usut punya usut Cetot merupakan kue basah khas asal Jepara. Jajanan cetot biasanya Teksturnya kenyal dan membuat lidah serasa ingin terus digoyang.

Menariknya lagi meski kalah bersaing dengan makanan keluaran moderen saat ini dengan nama nama yang kebarat baratan Cetot tetap banyak diminati.

Baca Juga: Capai Harga Jutaan Dolar Amerika, Mercedez Benz EQS 580 Mobil Listrik Termahal

Apalagi saat Ngabuburit di bulan Ramadhan 1444 Hijriah tahun 2023 bila kita sisir tiap jalan diperkotaan maupun dipedesaan Jajanan Cetot ini masih tersedia walaupun jarang penjual.

Di Tegal, untuk harga perbungkus Cetot dibandrol Rp. 4000-5000 ,- dihiasi taburan kelapa parut dan gula pasir dijamin rasa Cetot mengugah selera berbuka puasa semakin nikmat.***

 

 

 

 

 

Halaman:

Editor: Situr Wijaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X